Teknik Analisis Spasial dalam SIG

Analisis Spasial adalah : prosedur kuantitatif yang digunakan dalam studi tentang penataan ruang feature (titik, garis, poligon dan permukaan). Redaksi Ilmu Geografi (2014) menyatakan bahwa Analisis spasial merupakan kumpulan – kumpulan dari teknik yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan data SIG. Hasil dari analisis data spasial sangat bergantung dari lokasi atau tempat di mana objek sedang dianalisis. Selain itu, analisis spasial juga bisa diartikan sebagai teknik – teknik yang dapat digunakan untuk meneliti dan juga mengeksplorasi dari dari sudut pandang keruangan. Semua teknik ataupun pendekatan perhitungan secara matematis yang berhubungan dengan data  keruangan atau spasial dilakukan dengan menggunakan fungsi analisis spasial.

Fungsi Analisis Spasial

Fungsi Analisis Spasial dalam SIG
(Source: Ilmugeografi.com)

Analisis Spasial dalam SIG

Sistem Informasi Geografi adalah suatu sistem di dalam komputer (SBIS) yang digunakan untuk memasukan atau capturing, menyimpan, memeriksa, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisis dan juga menampilkan data – data yang memiliki hubungan dengan posisi di permukaan bumi. Selain itu, Sistem Informasi Geografi juga mempunyai arti sebagai sebuah sistem informasi yang dibuat untuk bekerja dengan menggunakan data yang bereferensi spasial atau memiliki koordinat geografi. SIG sendiri merupakan salah satu sistem yang cukup kompleks, pada umumnya terintegrasi dengan lingkungan sistem komputer lainnya pada tingkat fungsional dan juga jaringan atau network. Analisis dalam SIG mempunyai beberapa metode – metode pendekatan. Secara umum terdapat dua macam metode yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif: 
Metode Analisis Spasial
(Source: Ilmugeografi.com)

Peran SIG dalam Analisis Spasial

SIG adalah tool  dengan kemampuan yang unik:
a. Data menangani data bereferensi geografik
b. Fungsi konversi data
c. Penyimpanan dan mengorganisasi berbagai data spasial dan atribut
d. Manipulasi data spasial dan atribut (mencakup banyak operasi yang berbeda)
e. Kemampuan mempresentasikan / menampilkan
f.Tool analisis spasial (banyak tool yang dapat digunakan dalam mengkombinasi)


Operasi GIS yang berguna untuk Analisis Spasial 


a. Kesalahan dan potensial data spasial
b. Peta sebagai Outcomes dari proses
c. Analisis pola titik
d. Menggambarkan dan analisis Field
e. Analisis secara Statistik dari Field / tumpang susun peta
f.  Spatial Modeling
g. Network Analysis



Source :


PPT Pak Arifin 

     Redaksi Ilmu Geografi. 2014. Analisis Spasial. Diakses dari https://ilmugeografi.com/geografi-dasar/analisis-spasial pada 12 April 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Uji Rerata (BNT, BNJ, Duncan)

RPT dalam RAL dan RAK (2 Pertemuan)

Rancangan Acak Lengkap (RAL)